Kawasaki,
Jepang – Mitsubishi Fuso Truck and Bus Corporation (MFTBC), salah satu
produsen kendaraan niaga terbesar di Asia, di bawah naungan Daimler
Truck Asia, meluncurkan Super Great model tahun 2019 pada 23 Oktober
2019. Super Great terbaru ini merupakan HDT pertama di Jepang yang
dilengkapi dengan teknologi pendukung kemudi otomatis level 2, setara
dengan teknologi pendukung kemudi otomatis dari the Society of
Automotive Engineers (SAE). Super Great model 2019 akan tersedia melalui
perusahaan penjualan MFTBC dan unit penjualan regional di seluruh
Jepang mulai dari Oktober 2019.
Super
Great terbaru hadir dengan teknologi pendukung kemudi otomatis level 2
dengan sistem “Active Drive Assist”, serta “Active Brake Assist 5
(ABA®5)” yaitu sistem mitigasi benturan yang dapat secara signifikan
dapat mengurangi beban pengemudi.
“Active
Drive Assist” menganalisa kondisi dan jalur jalan berdasarkan pada
informasi yang diperoleh melalui kombinasi radar berpresisi tinggi serta
kamera yang dipasang di bagian depan kendaraan. Sistem pendukung kemudi
otomatis level 2 dapat mengontrol akselerasi, rem, dan kemudi secara
bersamaan. Sistem ini dapat berjalan melalui kombinasi sistem control cruise
Proximity Control Assist® serta sistem Lane Keeping. “Active Drive
Assist” akan membantu mengurangi rasa lelah pengemudi sehingga tetap
aman berkendara. Terlebih lagi sistem “Lane Departure Protection” versi
terbaru akan membawa kendaraan tetap dalam jalur saat input kemudi
memasuki kecepatan 60km/jam atau lebih.
Super
Great model 2019 juga dilengkapi dengan fitur Active Brake Assist 5
(ABA®5) terbaru dengan akurasi yang lebih tinggi, memberikan tingkat
keselamatan lebih tinggi. ABA®5 mencapai tingkat akurasi yang lebih
tinggi dengan mengkombinasikan radar konvensional serta kamera yang
dipasang di kaca depan, memungkinkan kendaraan dapat dihentikan secara
otomatis sehingga dapat menghindari benturan. Selain itu, akurasi untuk
mendeteksi pejalan kaki semakin ditingkatkan sehingga memungkinkan
kendaraan dapat menghindari tabrakan dengan pejalan kaki.
Super
Great model 2019 juga dilengkapi dengan sistem keselamatan berkendara
tingkat tinggi. Sistem Intelligent Headlight Control (IHC) secara
otomatis mengalihkan lampu agar lebih terang pada saat kondisi gelap,
serta lebih redup pada saat kondisi terang, melalui kamera yang dipasang
di kaca depan. Fitur ini menghilangkan pengaturan lampu secara manual
oleh pengemudi. Super Great 2019 juga dilengkapi dengan sistem Traffic
Sign Recognition (TSR), dirancang khusus untuk untuk mendeteksi rambu
lalu lintas di Jepang dengan menggunakan teknologi pengenalan gambar dan
menampilkan rambu lalu lintas pada layar instrumen.
Peluncuran
Super Great model 2019 merupakan bagian dari strategi Daimler Truck
menuju otomatisasi truk level 4. Super Great mengikuti jejak
Mercedes-Benz Actros dan Freightliner Cascadia, menjadi HDT ketiga yang
memiliki fungsi teknologi pendukung kemudi otomatis level 2. Awal tahun
ini, Daimler Trucks telah berkomitmen untuk menginvestasikan 500 juta
Euro dalam pengembangan teknologi pendukung kemudi otomatis level 4.
Sejak itu, Daimler Trucks telah meresmikan Autonomous Technology Group,
sebuah organisasi global yang mengkoordinasikan penelitian dan
pengembangan teknologi kemudi otonom untuk truk-truk di Eropa, AS, dan
Jepang. Organisasi ini mengakusisi saham yang cukup besar di TORC
Robotics, sebuah startup terkemuka yang berbasis di AS. Komitmen global
yang begitu kuat ini memungkinkan Mitsubishi Fuso untuk meluncurkan truk
otonom berkemampuan level 4 untuk penggunaan di jalanan umum Jepang
begitu regulasinya memadai.
*Super Great®, Proximity Control Assist®, ABA®, telah terdaftar sebagi merek dagang MFTBC.
Super Great model keluaran tahun 2019
Sistem “Active Drive Assist”
Sistem
“Active Drive Assist” menggabungkan system control cruise adaptif
Proximity Control Assist dengan fungsi tambahan untuk mengontrol arah
depan dan belakang kendaraan, system start / stop yang mengontrol
akselerator, rem dan kemudi, sehingga dengan demikian dapat membantu
pengemudi mengoperasikan kendaraan dan berkendara dengan aman.
- “Lane Keeping” membantu pengemudi tetap berada dalam jalur dengan cara mengendalikan kemudi si seluruh rentang kecepatan. Ini diaktifkan oleh kamera yang mengenali jalur jalan pada saat kendaraan berjalan
- Jika pengemudi secara tidak sengaja berpindah jalur pada saat kecepatan kendaraan 60km/jam atau lebih, maka sistem”Lane Departure Protection” akan membantu membawa kendaraan tetap dalam jalur melalui input kemudi otomatis.
*Sistem
“Active Drive Assist” bukan sistem kemudi otonom. Ini adalah sistem
pendukung kemudi otomatis yang setara dengan SAE Level 2. Pengemudi
merupakan agen utama dan tanggung jawab sepenuhnya berada pada
pengemudi.
Active Brake Assist 5 (ABA®5)
ABA®5
mencapai tingkat akurasi yang lebih tinggi dengan mengkombinasikan
radar konvensional serta kamera yang dipasang di kaca depan,
memungkinkan kendaraan dapat dihentikan secara otomatis sehingga dapat
menghindari benturan. Selain itu, akurasi untuk mendeteksi pejalan kaki
semakin ditingkatkan sehingga memungkinkan kendaraan dapat menghindari
tabrakan dengan pejalan kaki.
*ABA® telah terdaftar merek dagang MFTBC.
Intelligent Headlight Control (IHC)
Sistem
Intelligent Headlight Control (IHC) secara otomatis mengalihkan lampu
agar lebih terang pada saat kondisi gelap, serta lebih redup pada saat
kondisi terang, melalui kamera yang dipasang di kaca depan.
Traffic Sign Recognition (TSR)
Traffic
Sign Recognition (TSR), dirancang khusus untuk untuk mendeteksi rambu
lalu lintas di Jepang dengan menggunakan teknologi pengenalan gambar dan
menampilkan rambu lalu lintas pada layar instrumen.
*The
respective safety systems need to meet certain operating conditions to
work properly. Depending on road or weather conditions, there are
instances where they may not work as expected.
*Sistem
keselamatan harus memenuhi beberapa kondisi agar dapat berjalan
sempurna. Tergantung pada konsisi jalan, cuaca, dll, ada beberapa
kondisi dimana sistem ini tidak berfungsi seperti yang diharapkan.
Truckonnect®
Truckonnect®
is a service that allows truck owners and fleet operators to check
real-time data on trucks in operation via your personal computers or
mobile devices. The Truckonnect® telematics system, installed from the
2017 model onward, is also enhanced with upgraded remote diagnostic and
vehicle management functions as well as a new geofencing feature, which
offers a notification when the truck enters or leaves a certain area.
* A separate application for the Truckonnect service is required.
* Truckonnect® is a registered trademark of MFTBC.
Truckonnect® merupakan layanan yang memungkinkan pemilik truk dan operator armada untuk memeriksa data operasional truk secara real-time
melalui personal computer atau mobile device. Sistem telematik
Truckonnect® dipasang pada model keluaran tahun 2017 dan seterusnya,
juga ditingkatkan dengan fungsi diagnostic dan penunjuk ara, yang
menawarkan pemberitahuan ketika truk memasuki atau meninggalkan area
tertentu.
*Diperlukan aplikasi terpisah untuk layanan TruckConnect
* Truckonnect® telah terdaftar sebagai merek dagang MFTBC
Post a Comment